3 Jenis Media Tanam Selain Tanah

 

Anda tidak hanya bisa menggunakan tanah sebagai media tanam saja. Nyatanya ada beberapa jenis lainnya sebagai tempat penanaman berbagai jenis tanaman asalkan memiliki kandungan unsur hara dan kelembaban. Berikut ulasannya:

3 Jenis Media Tanam Selain Tanah

Media tanam harus bisa menjaga kelembban di sekeliling akar tanaman. Anda juga harus menyediakan nutrisi dan udara yang cukup sebagai penunjang tumbuhnya suatu tanaman. Lantas apa saja tempat penanaman selain tanah?

3 Jenis Media Tanam Selain Tanah

1. Humus

Anda bisa menggunakan humus dimana tanah ini merupakan yang paling subur diantara media tanam lainnya. Pasalnya jenis ini terbentuk dari pelapukan daun hingga batang pohon serta campuran dari kotoran hewan sehingga memiliki banyak bahan organik di dalamnya.

Media tanam berupa tanah humus ini umumnya memiliki warna cokelat gelap dengan tekstur lembut. Ada banyak unsur hara terkandung di dalamnya seperti asam karboksilat, fenol, alifatik dan hidroksida untuk memperkaya nutrisi suatu tanaman.

2. Sekam Hitam

Sekam diambil dari limbah padi yang memang banyak digunakan menjadi media tanam. Jenis ini bisa dibilang berbeda daripada jenis umumnya dimana merupakan hasil pembakaran dan mampu memperbaiki struktur dalam tanah.

Sekam tanah ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk tanaman hias atau tumbuhan berbunga karena kemampuannya dalam meningkatkan porositas struktur tanah. Hal ini dapat membuat tekstur semakin gembur sehingga memudahkan proses penyerapan unsur hara.

3. Pupuk Kandang

Media tanam ini memang sudah banyak dikenal oleh kebanyakan orang terutama bagi pecinta tanaman. Pupuk kandang ini biasanya diambil dari kotoran kambing dan digunakan ketika teksturnya sudah kering.
Pupuk kandang ini memiliki warna coklat gelap dengan tekstur yang keras. Umumnya media tanam ini akan digunakan sebanyak 20% sampai 30% di dalam pot dan kemudian dicampur bersamaan bahan lainnya seperti sekam hitam.

Itulah tadi ketiga jenis media tanam yang bisa Anda pilih selain tanah. Pastikan jika kualitasnya memang terbukti optimal sebagai tempat penanaman berbagai jenis tumbuhan. Jangan lupa untuk mengakses tanam.co.id untuk melihat berbagai jenis tips menanam lainnya.